Coban Talun Batu Malang

Wisata coban talun terletak di desa tulungrejo, kecamatan bumiaji, Kota Batu. Wahana wisata coban talun ini berada dekat dengan wisata selecta berjarak sekitar 3 km selain selecta wana wisata coban talun juga dekat dengan wisata kaliwatu rafting malang lohh!! dengan jarak sekitar 5 km dari coban talun kamu sudah bisa menikmati wisata rafting di kota batu. Coban talun kini telah menjadi terkenal bersama wisata di kota batu lainnya semisal coban rais, coban putri dan masih banyak lainnya. Sebenarnya coban talun ini merupakan wisata yang sudah lama. Tetapi, dengan ditambahnya spot foto dan wahana lainnya kini wana wisata coban talun mulai ramai didatangi pengunjung dari berbagai kota di jawa timur, pada sebelumnya wisata coban talun termasuk wisata air terjun yang cukup sepi karena minimnya sarana dan prasarana yang ada di sisni.

Namun kini pemerintah kota batu telah berbenah dengan merenovasi kawasan coban talun dengan beberapa fasilitas yang menunjang di area coban talun ini.

1. fasilitas

sumber: http://ngadem.com

Di coban talun terdapat beberapa fasilitas yang menunjang anda untuk melakukan aktifitas yang anda butuhkan ada beberapa fasilitas yang ada di coban talun ini antara lain apache camp, taman bunga, toilet, tempat parkir, camping ground. Untuk fasilitas apache camp ini merupakan penginapan yang baru dibangun pada 2016 ini dengan tarif yang terbilang lumayan ini menyediakan fasilitas penginapan mewah lainnya dengan ditemani udara segar di lereng gunung arjuno dan kebun bunga yang ada di sekitar apache camp coban talun menambah sejuk pada siapa saja yang melihatnya.

2. Akses

Akses menuju coban talun cukup mudah karena berada pada arah cangar atau mojokerto, kalau dari arah pusat Kota Batu kamu menuju arah barat dan sampai menemui papan nama wisata coban talun di sebelah kiri jalan lalu masuk lewat jalan desa dan sampai menemui gapura coban talun dengan biaya restribusi Rp.5000 kamu sudah bisa menikmati wana wisata coban talun dan berfoto dengan spot andalan yang ada di coban talun. Untuk menuju air terjun nya, kamu harus menyusuri sawah dan hutan pinus selama kurang lebih 1 jam perjalanan dengan jarak sekitar 1 km, selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa sejak pertama masuk hutan pinus kamu sudah dihidangkan dengan segarnya udara di sekitar hutan pinus lalu setelahnya kamu melewati dam yang megah setelah sekian lama kamu akan lega dengan keindahan coban talun yang mempesona.

3. tentang

Coban Talun  berada di kawasan wisata Bumi Perkemahan Coban Talun di lereng barat Gunung Arjuna – Welirang.  Coban ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter +/-15 meter dan pemandangan yang elok di sekitar lokasinya,  karena selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun,  juga bisa menyaksikan banyak pelangi di setiap sudut.

Di wahana wisata coban talun juga terdapat cerita pada suatu jembatan yang berada di kawasan coban talun, jembatan itu bernama jembatan asmara. Asal mula dari nama jembatan asmara itu karena biasanya seseoang tertantang melintasinya bersama orang yang dikasihi.

Konon, sepasang kekasih yang bisa melintasi jembatan ini maka hubungannya akan awet.  Hal itu berdasarkan mitos akan sejarah jembatan tersebut yang dipercaya di masyarakat sekitar.

”Dulu jembatan tersebut merupakan tempat bertemunya pangeran dari Kerajaan Kediri bernama Jaya Nalendra dengan Dewi Seruni,” jelas Samsul Hadi, koordinator wisata Coban Talun.

Ceritanya pangeran tersebut awalnya sedang melakukan pertapaan di bukit Kalindra yang letaknya tak jauh dari air terjun Coban Talun.

Pertapaan tersebut dalam rangka mencari jodoh. Setelah mendapatkan petunjuk, sang pangeran berjalan ke arah utara dan sampai di sungai dekat jembatan.

Di jembatan itulah ia melihat seorang gadis cantik yang sedang mengambil air. Gadis tersebut tak lain adalah Dewi Seruni, anak seorang resi bernama Ki Ageng Tritih.

Berawal dari pertemuan tersebut selanjutnya sang pangeran dan Dewi Seruni pun menjadi sering bertemu dan akhirnya jatuh cinta.

Di jembatan ini banyak muda mudi yang ingin menantang jembatan ini bersama pasangannya, dan kini wisata coban talun semakin ramai dikunjungi oleh pengunjung.